Irban Bidang Kesra

Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat

      Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas pokok melaksanakan pemeriksaan dan pembinaan terhadap penyelenggaraan di bidang peningkatan kesejahteraan rakyat yang meliputi sektor kesehatan, kesejahteraan sosial, pendidikan, kebudayaan, agama, pemuda, olah raga dan pemberdayaan perempuan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat mempunyai fungsi :

1. Penyiapan bahan rencana dan program pengawasan bidang kesejahteraan rakyat;

2. Penyiapan bahan pelaksanaan dan pelayanan administrasi dan teknis pengawasan bidang kesejahteraan rakyat;

3. Pemeriksaan berkala atau sewaktu-waktu, pemeriksaan terpadu;

4. Pengujian terhadap laporan berkala;

5. Pengusutan atas kebenaran laporan indikasi terjadinya penyimpangan dan KKN;

6. Penilaian atas manfaat dan keberhasilan kebijakan pelaksanaan program kegiatan;

7. Penyiapan bahan fasilitasi dan pengoordinasian pengawasan bidang kesejahteraan rakyat;

8. Pengiventarisasian  permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan program kerja Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat serta penyiapan bahan tindak lanjut penyelesaiannya;

9. Pelaporan hasil pengawasan bidang kesejahteraan rakyat;

10. Pelaksanaan monitoring dan evaluasi pelaksanaan urusan pemerintahan di kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan.

11. Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan Inspektur sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi sebagaimana tersebut diatas, Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat mempunyai tugas:

1. Menyusun program kegiatan pengawasan di bidang Kesejahteraan Rakyat berdasarkan evaluasi kegiatan tahun lalu, sesuai peraturan perundang-undangan  yang berlaku dan sumber data yang tersedia sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan;

2. Menjabarkan perintah, disposisi atasan dan petunjuk pelaksanaan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas;

3. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidang tugasnya, memberikan petunjuk dan arahan secara lisan maupun tertulis guna meningkatkan kelancaran pelaksanaan tugas;

4. Melaksanakan koordinasi dengan Sekretariat dan Inspektur Pembantu di lingkungan Inspektorat baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;

5. Menyiapkan konsep kebijakan Inspektur dan naskah dinas yang berkaitan dengan pengawasan di bidang Kesejahteraan Rakyat sebagai landasan pelaksanaan tugas;

6. Menyiapkan bahan fasilitasi dan pengoordinasian kegiatan pengawasan di bidang Kesejahteraan Rakyat agar pelaksanaan tugas dapat dilakukan secara efektif dan efisien;

7. Melaksanakan pemeriksaan berkala dan terpadu serta pengujian laporan dalam rangka menuju penyelenggaraan tata permerintahan yang baik dan pemerintah yang bersih;

8. Melaksanakan pengusutan atas kebenaran laporan indikasi terjadinya penyimpangan di bidang Kesejahteraan Rakyat dalam upaya memberantas tidak pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN);

9. Menginventarisasi permasalahan yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas dan program kegiatan Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat serta menyiapkan bahan tindak lanjut penyelesaian masalahnya;

10. Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan menilai prestasi kerja pelaksanaan tugas bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang tersedia sebagai cerminan penampilan kerja;

11. Membuat laporan pelaksanaan tugas Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat kepada Inspektur sebagai dasar pengambilan kebijakan;

12. Menyampaikan saran dan pertimbangan kepada Inspektur baik lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas;

13. Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan Inspektur sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat memimpin pelaksanaan tugas pokok  dan fungsi membawahi  :

1. Seksi Pengawas Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial;

2. Seksi Pengawas Pendidikan, Kebudayaan dan Agama;

3. Seksi Pengawas Pemuda, Olah Raga dan Pemberdayaan Perempuan.

Seksi-seksi  masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Inspektur Pembantu Bidang Kesejahteraan Rakyat.

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: