Struktur Organisasi

  1. Tugas, Fungsi, dan Struktur Organisasi Perangkat Daerah
  2. Struktur Organisasi Inspektorat Kabupaten Banjarnegara

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah, Inspektorat Kabupaten Banjarnegara terdiri dari:

  1. Inspektur;
  2. Sekretariat, terdiri dari:
    • Sub Bagian Perencanaan;
    • Sub Bagian Administrasi Umum; dan
    • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan;
  3. Inspektur Pembantu Bidang Pemerintahan;
  4. Inspektur Pembantu Bidang Aparatur dan Kesejahteraan Rakyat;
  5. Inspektur Pembantu Bidang Pembangunan;
  6. Inspektur Pembantu Bidang Ekonomi dan Keuangan;dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional:
  • Pejabat Fungsional Auditor;
  • Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (P2UPD).

Gambar 2. 1 Struktur Organisasi Inspektorat Kabupaten Banjarnegara

ew

  1. Uraian Tugas

Inspektorat Kabupaten Banjarnegara dibentuk melalui Peraturan Daerah Kabupaten Banjarnegara Nomor 2 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Berdasarkan Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 61 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Banjarnegara mempunyai tugas membantu Bupati dalam membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan oleh Perangkat Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud di atas Inspektorat Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan fungsi sebagai berikut:

  1. perumusan kebijakan di bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  2. pelaksanaan koordinasi kebijakan di bidang pengawasan;
  3. pelaksanaan pengawasan bidang pemerintahan, bidang aparatur dan kesejahteraan rakyat, bidang pembangunan, serta bidang ekonomi dan keuangan;
  4. pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya serta penanganan kasus-kasus pengaduan masyarakat;
  5. pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu atas penugasan Bupati;
  6. pembinaan dan fasilitasi kebijakan di bidang pengawasan;
  7. penyusunan laporan hasil pengawasan;
  8. pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang pengawasan;
  9. pelaksanaan fungsi kesekretariatan Inspektorat;dan
  10. pelaksanaan fungsi kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan, sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Uraian tugas dan fungsi masing-masing jabatan sesuai Peraturan Bupati Banjarnegara Nomor 61 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Inspektorat Kabupaten Banjarnegara sebagai berikut:

  1. Sekretariat

Sekretariat sebagaimana adalah unsur pembantu pimpinan, berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Inspektur, Sekretariat dipimpin oleh Sekretaris.

Tugas:

Sekretariat mempunyai tugas melakukan perencanaan perumusan, pengoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang ketatausahaan, hukum, keuangan, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kehumasan, kepegawaian, pelayanan administrasi di lingkungan Inspektorat.

Fungsi:

  • Pengkoordinasian kegiatan di lingkungan Inspektorat;
  • Pengkoordinasian dan penyusunan rencana dan program kerja di lingkungan Inspektorat;
  • Pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, hukum, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip dan dokumentasi di lingkungan Inspektorat;
  • Pengkoordinasian, pembinaan dan penataan organisasi dan tata laksana di lingkungan Inspektorat;
  • Pengkoordinasian dan penyusunan peraturan perundang-undangan serta pelaksanaan advokasi hukum di lingkungan Inspektorat;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan pengelolaan informasi dan dokumentasi;
  • Penyelenggaraan pengelolaan barang milik/kekayaan daerah dan pelayanan pengadaan barang/jasa di lingkungan Inspektorat;
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan sesuai dengan lingkup tugasnya; dan
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Sekretariat, terdiri dari:

  • Sub Bagian Perencanaan;
  • Sub Bagian Administrasi Umum; dan
  • Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan.

Sub Bagian-Sub Bagian masing-masing dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris.

Sub Bagian Perencanaan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang perencanaan program kerja di lingkungan Inspektorat.

Sub Bagian Administrasi Umum mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang ketatausahaan, hukum, kerumahtanggaan, kerjasama, kearsipan, dokumen, keorganisasian dan ketatalaksanaan, kehumasan, keuangan dan kepegawaian, serta pelayanan administrasi di lingkungan Inspektorat.

Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas melakukan penyiapan bahan perumusan, pengkoordinasian, pelaksanaan, pembinaan dan fasilitasi, pemantauan, evaluasi serta pelaporan kebijakan bidang evaluasi dan pelaporan program kerja di lingkungan Inspektorat.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s